Pages

Jumat, 25 November 2011

pesona pantai lombang (Sumenep-Madura)


Wisata Pantai Lombang Sumenep

Dua minggu yang lalu (lebih kurang, tepatnya 12-02-08), saya berkesempatan mengunjungi daerah paling timur di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep atau Sumenep begitulah masyarakat di sini menyebutnya. Perjalanan yang harus ditempuh dari Bangkalan ternyata cukup jauh dan melelahkan. Waktu tempuh yang harus dihabiskan lebih kurang empat jam dengan menggunakan sepeda motor. Mengunjungi Sumenep dari Kamal (tempat saya tinggal) sama saja dengan mengelilingi Madura karena untuk mencapainya harus melalui tiga kabupaten lainnya. Dimulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan berakhir si Sumenep.
Sayang sekali waktu yang tersedia untuk jalan-jalan menikmati pemandangan di Sumenep tidak terlalu banyak karena memang tujuan utama kunjungan ini bukanlah untuk berwisata, melainkan untuk melakukan sosialisasi dan pengenalan BlankOn Linux di SMA Negeri 2 Sumenep. Kelar melakukan kewajiban di sekolah barulah memanfaatkan waktu untuk melawat kota Sumenep dan tempat wisata menarik yang ada di sana. Dan setelah melakukan berbagai pertimbangan, Pantai Lombang menjadi pilihan utama. Kata orang sih pantai ini memiliki panorama yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, jadi tidak ada ruginya memanfaatkan waktu yang tersisa menikmati keindahannya.
Pantai Lombang terletak sekitar sejam perjalanan dengan sepeda motor dari pusat Kota Sumenep. Tapi terasa sangat singkat karena sepanjang perjalanan mata akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah, sawah yang menghampar hijau dan awan terlihat berkejar-kejaran di kejauhan ditambah udara yang sangat segar bebas polusi. Hmm… sangat menyenangkan. Buat yang belum pernah atau belum sempat berkunjung ke Pantai Lombang saya ada sedikit souvenir dari sana. Silakan dinikmati dan jangan lupa kalau sedang di Madura singgah ke Pantai Lombang.
Sebelum masuk area pantai
Sebelum masuk area pantai
Foto di atas diambil di pintu masuk setelah parkiran di daerah Pantai Lombang, teman-teman pada narsis semua. Maklum, banyak yang belum pernah ke pantai.
Cemara udang kecil di Lombang
Cemara udang kecil di Lombang
Salah satu keunikan pantai ini adalah pohon cemara udang yang tumbuh dengan subur dimana-mana, sepengetahuan saya jarang ada pantai dengan pohon cemara paling juga pohon kelapa.
Cemara dan gazebo di pantai
Cemara dan gazebo di pantai
Dari sudut pandang lain
Dari sudut pandang lain
Suasana pantai yang rindang
Suasana pantai yang rindang
Lihat sendiri kan?? Suasana di Pantai Lombang itu sangat sejuk dan rindang karena banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai. Pas banget buat bersantai di sore hari sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantainya juga bersih dan airnya jernih, sayang pasirnya bukan pasir putih.
Ombak di Pantai Lombang
Ombak di Pantai Lombang
Pasirnya kurang bagus
Pasirnya kurang bagus
Bermain di antara deburan ombak
Bermain di antara deburan ombak
Pantai ini juga cocok digunakan untuk jjs a.k.a jalan-jalan sore.
Cocok buat jjs
Cocok buat jjs
Sebenarnya masih banyak koleksi jepretan lainnya dari Pantai Lombang tapi karena keterbatasan bandwidth terpaksa hanya beberapa saja yang saya unggah. Kapan-kapan kalau ada kesempatan saya unggah ke Picassa deh. Satu pesan dari saya, kalau sedang berkunjung ke Madura apalagi Sumenep jangan lupa ke Pantai Lombang.

0 komentar:

Posting Komentar